HF GOLD PELOPOR COD EMAS ANTAM SYAR'I

5 Tips Mudah Dan Cepat Dipahami Investasi Emas Bagi Pelajar

investasi emas.| Unsplash.com

Table of Contents

Antar Emas Investasi emas dapat dilakukan oleh siapa saja, bahkan bagi kamu yang masih berstatus pelajar. Hal ini karena kamu dapat memulai berinvestasi dengan nominal yang terlalu besar. Bahkan dapat kamu beli dari uang sakumu sendiri.

Tips Investasi Emas Untuk Belajar

Investasi emas

Sebelum memutuskan untuk berinvestasi, sebaiknya kamu mempertimbangkan beberapa hal dahulu. Dengan begitu, strategi yang kamu buat untuk instrument akan jauh lebih matang. Untuk lebih jauhnya, simak ulasan berikut ini dulu yuk!

1. Tetapkan Tujuan

Hal pertama yang perlu kamu lakukan adalah menetapkan tujuan dengan jelas sehingga akan lebih mudah dalam membuat cara untuk mewujudkannya. Selain itu, mengingat tujuan dalam melakukan investasi akan menghindarkan kita dari hal-hal yang tidak diinginkan.

Misalnya, kamu memiliki tujuan investasi untuk modal usaha. Maka, ketika uang yang seharusnya di alokasi ke plebeian emas, itu tidak terganggu sama sekali. Baik untuk liburan, hangout, dan lain sebagainya. Dengan begitu, kamu dapat menahan diri supaya tidak mengganggu alokasi dana tersebut.

2. Mengatur Keuangan Dengan Baik

Kamu pasti pernah mendengar, sebesar apapun uang yang didapatkan itu akan cenderung habis, apabila pengelolaan keuangannya tidak baik. Dengan begitu, sebaiknya dari sekarang mulai belajar untuk mengatur keuangan.

Misalnya, kamu coba bagi dahulu kebutuhannya menjadi beberapa kategori. Misalnya, untuk hiburan, jajan, transportasi,  menabung, sampai dengan untuk berinvestasi emas.  Namun, untuk awal-awal sebaiknya tidak menggunakan uang saku terlalu besar dalam investasi ini karena yang paling konsisten. Sehingga kamu pun terasa ringan dalam melakukan investasi ini.

Apabila kamu mendapatkan uang sakunya per bulan, maka langsung sisihkan uang berdasarkan kategori. Namun, jika perhari, maka dapat mengumpulkan nya sehari sekali dan setiap bulannya dapat langsung beli emas apabila uang yang dibutuhkan sudah terkumpul.

3. Memulai Investasi Dengan Emas Kecil

Supaya beban yang kamu keluarkan pun tidak terlalu besar, maka cobalah untuk membeli emas dengan nominal yang kecil terlebih dahulu. Bahkan kamu pun dapat membeli emas dengan massa 0,05 gram dengan harga yang terjangkau.

Meskipun kecil, tetapi jika kamu konsisten dalam melakukan investasi ini, maka nantinya pun akan membawa keuntungan besar untukmu. Usahakan pula untuk mengingat tujuan, mengenai alasan kamu memulai semua ini untuk apa.

Baca Juga: Bingung Investasi Saham Atau Emas? Cek Ini Dulu Yuk!

4. Mengurangi Membeli Produk Yang Tidak Perlu

Kondisi finansial yang kamu miliki tentu hal tersebut memengaruhi kelancaran dalam melakukan investasi emas. Dengan begitu, untuk mencegah pengeluaran yang berlebihan sampai melebihi budget yang telah kamu tetapkan, maka salah satunya yaitu dengan tidak membeli produk tidak perlu. Baik itu nongkrong, membeli makanan padahal tidak lapar, dan lain sebagainya.

Mulailah fokus pada investasi yang tengah kamu lakukan. Meskipun sulit, tetapi lama-kelamaan nantinya kamu dapat terbiasa dengan hal tersebut. Namun, jika kamu merasa kurang, maka dapat mencari tambahan. Misalnya dengan menjual data internet atau pulsa, makanan, dan lain sebagainya. Selama hal tersebut tidak mengganggu fokus dalam belajar.

5. Menyediakan Tempat Penyimpanan Emas

Seperti yang diketahui, bahwa instrumen investasi ini merupakan produk fisik, sehingga sudah seharusnya untuk menyediakan tempat penyimpanan. Pastikan pula tempat tersebut memanglah aman dan usaha tidak memberitahu siapapun orang yang tidak kamu percaya.

Bahkan jika perlu belilah tempat penyimpanan khusu dengan alat pengamanan yang bagus. Selain itu, kamu juga dapat menggunakan jasa sewa titip emas. Namun, nantinya kamu akan dikenakan biaya sewa perbulan atau pertahun. Jika memang ingin menggunakan jasa tersebut, pastikan memilih penyedia layanan yang terpercaya.

Tips investasi bagi pelajar dapat kamu lakukan dengan mulai menentukan tujuan investasi, mengelola keuangan dengan baik, mulai dengan membeli emas kecil, dan lain sebagainya. Selain itu, sebaiknya kamu melakukan investasi ini dalam jangka waktu lama, misalnya sekitar 5-10 tahun. Dengan begitu, keuntungan yang akan kamu dapatkan pun akan jauh lebih terasa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *