HF GOLD PELOPOR COD EMAS ANTAM SYAR'I

Mau Investasi Logam Mulia? Kenali Dulu Jenis hingga Contohnya!

logam mulia

Table of Contents

Logam mulia sudah menjadi bagian dari salah satu jenis logam yang banyak dicari karena daya tahannya yang tinggi dan sering dijadikan sebagai aset investasi. Apalagi dengan nilainya dai tahun ke tahun cukup stabil, banyak orang termasuk Anda lebih memilih untuk mengkoleksi atau melakukan investasi logam mulia.

Logam ini juga menjadi logam yang fleksibel untuk investasi. Misalnya Anda ingin menginvestasikan logam mulia, Anda bisa menggunakan beberapa cara selain fisik, seperti koin, batangan emas atau perak.

Pengertian Logam Mulia

Logam mulia merupakan kelas elemen yang dihargai karena kelangkaann dan keindahan yang ada pada logam tersebut. Secara umum, logam mulia ini sering dicirikan pada keuletan, kerapatan, kliau yang tinggi hinggat aset investasi.

Jenis logam ini sendiri awalnya digunakan pada awal peradaban kuno, yang mana mereka digunakan sebagai nilai dari hiasan dan dekoratifnya. dalam banyak kasus yang ada, benda seperti logam mulia juga erta kaitannya dengan makna mistis atau spiritual. 

Jenis-jenis Logam Mulia

Logam mulia, nyatanya tidak ditemukan dalam satu jenis saja. Melainkan terdapat beberapa jenis. Akan tetapi, untuk jenis yang paling bagus dan umum banyak dicari adalah sebagai berikut.

Emas

Emas merupakan unsur kimia yang memiliki warna kuning, berat dan tidak dapat bereaksi dengan bahan kimia, kecuali klorin, fluorin, dan aqua regia. Logam ini banyak ditemukan dalam bebatuan dan deposit tanah jenis alluvial.

Emas sendiri merupakan salah satu logam yang paling banyak digunakan sebagai perhiasan dan masih banyak lainnya. Akan tetapi, dalam pembentukan emas menjadi perhiasan, harus ditambahkan bahan perak dan tembaga agar menjadi lebih kuat. 

Pengguna dari emas dalam bentuk perhiasan atau batangan juga banyak digemari karena nilainya yang dianggap sebagai salah satu aset save haven karena mampu bertahan dalam inflasi. 

Perak

Tak hanya emas saja. Jenis logam lainnya ada pada perak. Perak juga digunakan oleh masyarakat umum sebagai instrumen investasi dan bahan baku perhiasan. Perak sendiri merupakan logam transisi yang lunak dengan warna putih mengkilap.

Perak juga dianggap sebagai konduktor emas yang baik dan memiliki nilai jual yang tinggi dan sama seperti logam jenis sebelumnya emas, perak ini tidak mengalami proses korosif.

Platina

Selanjutnya terdapat Platina juga menjadi bagian dari jenis logam mahal selanjutnya dengan keunggulannya yang tahan panas dan tidak memudar. Platina biasanya juga digunakan sebagai bahan baku perhiasan. Banyak investastor yang menggunakan platina sebagai salah satu instrumen investasi. 

Dengan nilainya yang tinggi, platina seringkali menjadi pelindung dari laju inflasi karena nilainya yang tetap bertahan, meskipun kondisi ekonomi tengah memburuk. Namun, tentu saja kemampuan dari pertahanan platina ini didukung dengan adanya permintaan industri yang semakin meningkat.

Rhodium

Layaknya jenis logam-logam lainnya, Rhodium juga sangat tahan terhadap korosi dan kilauannya cukup kuat sehingga mampu merefleksikan objek dengan sangat baik.

Tak hanya digunakan sebatas perhiasan saja, Rhodium juga digunakan sebagai pembuatan cermin, lampu sorot, mesin turbin pesawat, bahan pemuat asam nitrat, hingga senyawa organik lainnya. 

Karena tingginya permintaan pasar, sementara keberadaan Rhodium ini semakin terbatas membuat harga dari logam ini terus meningkat dari waktu ke waktu. Oleh karena itu, Rhodium juga menjadi pilihan banyak investor untuk instrumen investasi mereka. 

Logam Mulia Iridium

Jenis logam selanjutnya adalah iridium, dimana merupakan salah satu logam yang berwarna putih. Iridium ini juga tahan terhadap korosi dan mampu bertahan di suhu ekstrim sekalipun. 

Dengan titik leleh yang tinggi, membuat logam dengan jenis ini sangat langka di bumi. Banyak dari beberapa industri yang mencari logam ini dan membuat harganya juga mahal dimana dalam 1 gramnya saja senilai dengan 3 juta rupiah. 

Palladium

Palldium, bagi Anda yang berkecimpung di dunia otomotif, mungkin Anda akan mengetahui jenis logam mulia ini. Palladium sendiri merupakan logam yang langka dan cukup banyak yang menggunakannya di industri otomotif. 

Beberapa negara yang menggunakan jenis logam ini adalah Amerika Serikat, Afrika Selatan hingga Rusia. Palladium cenderung memiliki volatilitas yang tinggi dan membuat logam ini akhirnya mendapat pro dan kontra di dunia investasi. 

Mengapa demikian? Hal ini dikarenakan, jika Anda salah dalam keluar masuk jalur investasi dengan logam ini, Anda bisa saja mengalami kerugian yang cukup besar. 

Logam ini tidak hanya dimanfaatkan sebagai otomotif saja, tapi juga digunakan dalam industri kedokteran, pengobatan, pemurnian hidrogen hingga elektronika. 

Logam mulia memang tidak bisa dipungkiri menjadi salah satu logam yang masuk ke dalam jajaran instrumen investasi Anda. Apalagi dengan nilainya yang cukup stabil dalam inflasi, membuat investor berbondong-bondong membeli ribuan gram logam mulia tersebut.

Namun, perlu diketahui bahwa logam mulia juga perlu dibeli di toko yang terpercaya, terutama emas. Hal ini dikarenakan sudah banyaknya oknum-oknum nakal diluar sana yang menggandakan emas dengan bahan berbeda untuk mendapatkan keuntungan besar. 

Oleh karena itu, untuk membeli logam mulia ANTAM yang terjamin keamanannya juga kehalalannya dalam segi islam, Anda bisa percayakan pada AntarEmas by HF Gold yang akan memberikan kemudahan Anda dalam berbelanja logam mulia. 

Cukup dengan mengunjungi platformnya dan melakukan pembelian Anda sudah mendapatkan logam mulia ANTAM impian Anda. Namun, yang membedakan adalah sistem serah terimanya yang mengusung konsep yadan bi yadin, sehingga aman dan halal karena dilakukan secara langsung alias Cash on Delivery

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *