HF GOLD PELOPOR COD EMAS ANTAM SYAR'I

Kadar Emas Manakah Yang Baik, Cek Disini Sebelum Membeli

kadar emas

Table of Contents

Kadar emas merupakan ukuran dari emas yang bertujuan untuk mengukur tingkat kemurnian dari emas tersebut. Kemurnian yang dimaksudkan adalah logam mulia tersebut terdapat campuran logam lain atau tidak.  Emas dikatakan murni jika memiliki kadar dari emasnya sebanyak 24 karat. Di setiap karatnya memiliki 1/24 emas dari keseluruhannya.

Kadar Emas
Sumber: Freepik.com/freepik

Sebagai contoh emas yang Anda beli mengandung kadar emas 24 karat, itu berarti kandungan emas hanya 22 bagian saja. Sedangkan 2 bagian lainnya merupakan campuran dari tembaga, perak, platinum atau jenis emas lainnya.

Fungsi Kadar Emas

Umumnya, kadar emas memiliki fungsi sebagai tolak ukur untuk mengetahui seberapa besar kandungan emas dari perhiasan yang kita beli. Sebenarnya, tidak ada perhiasan yang benar-benar 24 karat, dikarenakan logam ini bersifat lunak. Jadi, perhiasan pada umumnya lebih mudah tergores dan terbentur apalagi jika kadar karatnya tinggi.

Hal ini juga lebih berisiko meningkatkan kerusakan tinggi jika ditambahkan elemen lainnya seperti berlian dan sebagainya. Kadar emas ini juga digunakan sebagai acuan apakah emas tersebut emas muda atau emas tua.

Dalam istilah emas di masyarakat umum Indonesia, emas dikatakan emas muda jika jumlah emas didalamnya dibawah 18 karat. Sedangkan emas tua adalah istilah untuk emas yang memiliki jumlah karat lebih dari 18 karat.

Jenis-jenis Kadar Emas

Emas 9 Karat & Emas 375

Kadar emas pertama adalah emas 9 karat & emas 375. Emas ini merujuk paada kadar emas yang terhitung sama. Dimana keduanya mengandung emas sebesar 37.5% dari keseluruhan logam didalamnya.

Logam campuran didalamnya biasanya terdiri dari perak, tembaga, atau seng yang ditambahkan untuk meningkatkan kekerasan dan kestabilan dalam emas tersebut.

Berat emas jenis ini biasanya diberikan untuk jenis perhiasan di beberapa negara termasuk Eropa. Meskipun demikian, jenis emas dengan 9 karat ini masih dianggap sebagai emas meskipun kurang dari 18 karat.

Emas 10 Karat & Emas 416

kadar emas
Sumber: Freepik.com/freepik

Berat emas 10 karat memiliki kandungan emas sebesar 41.67%. Emas ini lebih tahan terhadap benturan, aus dan korosi karena 58.33% dari emas ini mengandung campuran logam mulia lainnya.

Namun, meskipun begitu, jenis emas dengan berta ini tetap banyak digunakan sebagai perhiasan. Meskipun dari segi warna, emas ini lebih pucat dan kilaunya lebih rendah dibanding jenis berat emas lainnya.

Emas 14 Karat & Emas 585

Kemudian dengan emas seberat 14 karat dan emas 585 merupakan emas dengan emas sebesar 58.5% dari keseluruhan campuran logam didalamnya. Jenis emas dengan kadar ini juga sering digunakan sebagia perhiasan di banyak negara.

Dengan kadar yang lebih tinggi dibanding emas 9 karat, emas ini memiliki nilai intrinsik yang lebih tinggi. Apabila Anda ingin membeli jenis emas ini, Anda bisa mencari emas dengan tanda atau cap 14K atau 585.

Emas 17 Karat & Emas 700

Di Indonesia berat emas ini cukup populer untuk beberapa perhiasan. Meskipun demikian, kadar emas ini tidak begitu populer di negara lain karena nilainya yang terlalu dekat dengan 18 karat, sehingga diluar Indonesia berat emas 18 karat lebih populer. Emas ini memiliki campuran emas sebanyak 70% dan 30% campuran logam mulia lainnya.

Emas 18 Karat & Emas 750

Berat emas selanjutnya adalah emas 18 karat atau emas 750. Emas ini mengandung setidaknya 75% emas dan sisanya adalah campuran dari logam lainnya.

Emas ini biasanya sangat populer di kalangan negara Asia yang menggunakannya sebagai perhiasan emas. Dikatakan bahwa emas ini lebih kuat dan tahan banting dibandingkan dengan emas sebelumnya karena memiliki campuran 25% logam mulia lainnya. Sehingga saat terbentur atau terbanting tidak akan mudah tergores atau berubah bentuk.

Emas 22 Karat & Emas 916

kadar emas
Sumber: Freepik.com/freepik

Selanjutnya adalah emas 22 karat merupakan emas dengan kadar kemurniannya sebesar 91.67% dan 8.33% berupa logam campuran yaitu seng, tembaga ataupun jenis logam mulia lainnya.

Dengan berat emas sebanyak 22 karat ini sering digunakan sebagai perhiasan di banyak negara karena emas dengan berat ini memiliki warna kuning yang dan berkilau.

Tak hanya itu, emas dengan berat 22 karat memiliki tingkat kekerasan yang lebih tinggi daripada emas 24 karat. Jika Anda berniat membeli perhiasan dengan berat 22 karat, Anda bisa mencarinya dengan tanda atau cap 22K atau 916.

Emas 24 Karat & Emas Logam Mulia (LM)

Emas dengan berar 24 karat merujuk pada emas murni tanpa campuran logam lainnya. Dimana logam mulia ini mengandung 99.99% kemurnian yang setara dengan 999.9 dalam notasi millesimal.

Kadar ini merupakan kadar tertinggi dalam tingkat kemurnian emas. Sementara jenis emas yang setara dnegan berat ini adalah Emas Logam Mulia atau LM yang biasa muncul dalam jenis emas antam. Emas antam ini tersedia dalam bentuk batangan dan koin.

Kadar emas
Sumber: Freepik.com/freepik

Namun, jumlah dari logam mulia emas antam sendiri memiliki tingkat kemurnian yang berbeda-beda, mulai dari 99.99% hingga 99.5%.

Kadar emas memang banyak sekali variasinya dan bisa Anda sesuaikan dengan kebutuhan Anda dalam berbelanja emas. Untuk keseluruhan berat emas mulai dari 9 karat hingga 24 karat bisa Anda temukan di AntarEmas by HF Gold.

Toko emas ini memang menggunakan sistem online dalam pembeliannya. Namun, proses pembayaran dan penyerahannya dilakukan secara langsung dari tangan ke tangan (Yadan bi yadin) sehingga bisa dilihat bahwa transparansi di toko ini tetap terjaga.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *