HF GOLD PELOPOR COD EMAS ANTAM SYAR'I

5 Ide Bisnis Syariah Yang Menguntungkan

Ide bisnis syariah

Table of Contents

Antar Emas- Ide bisnis syariah dapat menjadi salah satu opsi terbaik untuk kamu yang sedang ingin menjalan usaha dengan mengikuti ketentuan yang berlaku dalam agama Islam. Selain itu, kamu pun dapat mencontoh bagaimana Rasulullah SAW dalam berdagang. Baik itu mencakup perilaku beliau kepada konsumen, jujur, dan lain sebagainya.

Ide Bisnis Syariah

Ide bisnis syariah

Seperti yang diketahui, bahwa usaha syariah lebih menekankan kepada produk-produk yang halal sehingga dapat digunakan dengan leluasa dan aman oleh muslim. Ada beberapa ide bisnis yang dapat kamu coba untuk terapkan dalam usaha yang sedang dirintis. Untuk lebih jauhnya, simak ulasan mengenai referensi ide usaha syariah

1.     Kos Syariah

Bagi kamu yang tertarik dengan usaha properti, maka dapat mencoba usaha ini. Selain itu, bisnis jenis ini dapat kamu jadikan sebagai usaha jangka panjang. Terutama jika kamu memiliki uang dingin dengan jumlah nominal yang cukup banyak, maka bisnis ini cocok untuk kamu mulai.

Hal ini untuk awal-awal, kamu perlu modal yang cukup besar untuk membeli tanah dan melakukan pembangunan.  Untuk pendapatan dari usaha ini dapat kamu jadikan sebagai pendapatan pasif. Adapun untuk sistem sewanya sendiri, kamu dapat menerapkan per bulan, per enam bulan, atau bahkan perusahaan. Namun, perlu dilihat dulu targetnya siapa sehingga dapat sesuai dengan kebutuhan konsumen.

Jika targetnya pegawai atau anak kuliah yang belum menikah, maka sebaiknya menyewakannya per bulan. Lantas apa bedanya kosan syariah dengan kosan lainnya? Umumnya, kosan syariah hanya diperuntukan untuk agama Islam saja dan hanya itu satu gender nya. Baik itu, laki-laki saja atau perempuan saja. Namun, ada juga yang memang khusus untuk orang yang sudah berkeluarga.

2.     Ide Bisnis Syariah: Fashion Muslim

Ide bisnis syariah selanjutnya dengan menjual fashion muslim, baik itu kerudung, kaos kaki, manset tangan, pakaian, dan lain sebagainya. Bisnis ini memiliki peluang yang bagus karena kebutuhan terhadap kebutuhan produk ini cenderung tinggi.

Untuk produknya sendiri dapat kamu produksi sendiri atau membeli produk jadi secara grosir. Selain itu, supaya dapat menyasar target market lebih luas, maka kamu dapat menggunakan marketplace maupun sosial media. Baik melakukan selling maupun marketing untuk bisnismu..

3.     Salon Muslimah

Bisnis ini menjadi salah satu opsi yang dapat kamu pilih untuk menjalani usaha syariah. Selain itu, salon jenis ini pun memiliki peminat yang tinggi di Indonesia. Tentu hal tersebut berbanding lurus dengan penggunaan kerudung di kalangan para Muslimah Indonesia. Sehingga salon ini hanya dapat dimasuki oleh para pekerja dan konsumen perempuan muslim saja.

Dengan begitu, tidak heran apabila tempat ini akan membuat para Muslimah nyaman dan tenang saat perawatan. Untuk service yang kamu tawarkan dapat berbagai macam, baik itu perawatan rambut, kulit, dan lain sebagainya. Nantinya, untuk jenis service atau perawatannya sendiri dapat kamu sesuaikan  dengan kemampuan dan minatmu.

4.     Travel Haji dan Umroh

Ide bisnis syariah selanjutnya yang dapat kamu coba yaitu travel umroh dan haji. Diman bisnis ini memiliki peluang yang bagus karena memiliki target pasar yang besar. Tentu hal ini berkaitan pula dengan jumlah penduduk Indonesia yang mayoritas beragama Islam.

Meskipun bisnis ini sempat mengalami keterpurukan pada awal-awal pandemic, tetapi sekarang berangsur-angsur membaik. Selain itu, untuk menyiasati supaya bisnis dapat berjalan, kamu dapat membuka layanan side perjalanan ke negara-negara yang berada di daerah Arab Saudi. Seperti Mesir, Turki, UEA, dan lain sebagainya.

5.     Catering Halal

Jika kamu tertarik dalam dunia kuliner, maka dapat mencoba bisnis satu ini. Untuk awal-awal, kamu dapat menggunakan skala kecil saja dahulu. Sehingga modal yang dibutuhkan pun tidak terlalu besar bahkan tidak perlu menyewa tempat karena kamu dapat memulainya dari rumah. Kamu dapat menyiapkan catering untuk acara seminar, akikah, sampai dengan pernikahan.

Selain itu, lambat laun, jika memang mau melebarkan sayap dan menyasar konsumen baru. Maa cobalah untuk mengajukan kerjasama dengan pihak perusahaan. Sehingga penyediaan makan siang untuk karyawan menjadi tanggung jawabmu. Pastikan pula, kamu telah memiliki sertifikat halal dari MUI untuk menyakinkan konsumen bahwa masakan yang kamu olah itu halal.

Ide bisnis syariah yang menguntungkan antara lain adalah kosan syariah, fashion muslim, catering, salon muslim, dan travel haji & umroh. Selain itu, tentukanlah target market yang hendak kamu sadar dengan detail. Dengan begitu, produk, strategi marketing, bahkan pelayanan yang ditawarkan dapat sesuai dengan kebutuhan konsumen.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *