HF GOLD PELOPOR COD EMAS ANTAM SYAR'I

Apa itu Investasi Syariah? Pengertian, Jenis, dan Contohnya!

investasi syariah

Table of Contents

Investasi Syariah merupakan salah satu jenis investasi yang berkembang saat ini. Investasi jenis ini merujuk pada prosesnya yang dilaksanakan secara islami yang merupakan salah satu prinsip transaksi halal di dalam islam. Jadi, tidak hanya sekedar berinvestasi, Anda juga dituntut untuk menyelaraskan barang, cara berinvestasi dan interaksinya agar halal dan sesuai dengan sistem ini.

Di dalam praktik investasi syariah sendiri ada beberapa larangan yang harus terpenuhi seperti riba, berdasarkan spekulasi, tidak pasti yang berlebihan juga barang yang digunakan seperti larangan menyertakan barang yang dilarang  layaknya alkohol dan makanan yang diharamkan.

Investasi syariah
Sumber: Freepik.com/master1305

 

Dalam investasi ini, ada beberapa hal yang harus digarisbawahi dan penting untuk diketahui, seperti:

  • Prinsip syariah yang mendasar
  • Pengawasan dan audit
  • Potensi keuntungan dan kerugian

Manfaat Investasi Emas Syariah

Dalam melakukan investasi emas secara islami, tentu akan berdampak besar bagi kehidupan dan ekonomi Anda. Bahkan mungkin saja keuntungannya bisa lebih berkali lipat, dikarenakan investasi secara syariah tentu sudah memperhitungkan potensial untuk untung dan rugi.

Beberapa manfaat investasi emas secara islam yang bisa Anda rasakan adalah:

  • Kepatuhan secara agama,

    Investasi syariah memungkinkan Anda menjalankan investasi berdasarkan prinsip syariah. Dengan menggunakan investasi syariah, Anda mampu mengurangi adanya kerugian yang terjadi.

  • Perlindungan dari adanya bunga,

    Seperti yang diketahui bahwa dalam islam meniadakan riba atau bunga. Jika Anda menggunakan investasi konvensional, sudah tentu mengandung bunga. Hal ini berlainan dengan investasi secara islami yang mampu memberikan Anda keuntungan yang besar, tanpa menggunakan bunga.

  • Potensi hedging dan diversifikasi,

    investasi syariah
    Sumber: Freepik.com/freepik

    Hedging berarti lindung nilai dan emas adalah alat lindung nilai di dalam portofolio investasi Anda. Apalagi emas memiliki kecenderungan untuk naik dan turun harganya akibat tidak stabilnya fluktuasi dan ekonomi. Dengan investasi syariah Anda sudah berhasil mengurangi potensi risiko diversifikasi.

  • Aset tangible,

    Emas sendiri adalah aset yang secara fisik nyata dan mempunyai nilai intrinsik tersendiri secara global. Emas sudah menjadi mata uang sejak ribuan tahun berlalu. Hal inilah yang membuat emas memiliki stabilitas nilai dan daya tarik yang panjang dibanding elemen investasi lainnya.

  • Potensi Apreciasi nilai,

    Emas telah terbukti menjadi elemen investasi yang mengalami apresiasi dari waktu ke waktu. Meski fluktuasi terjadi secara terus menerus, nilai dari emas tetap kuat meski ada lonjakan dan turunan harga.

  • Likuiditas,

    Seperti yang diketahui emas mempunyai likuiditas yang tinggi. Dengan begitu emas lebih mudah untuk dijual apalagi dengan harga yang memberikan transparansi nilai kualitas emasnya.

  • Potensi Keuntungan sosial,

    Tidak bisa dipungkiri bahwa investasi dengan prinsip syariah saat ini tengah menjadi minat besar dari investor di sektor-sektor tertentu dan tentu memiliki dampak sosial dan lingkungan yang positif.

Akan tetapi, seluruh investasi ini juga tentu masih memiliki risiko meskipun memiliki kecenderungan lebih rendah. Anda hanya perlu melakukan riset dan memahami bagaimana pasar investasi bergerak.

Produk Investasi Emas Syariah

investasi emas
Sumber: Freepik.com/jcomp

Ada beberapa jenis produk investasi emas secara syariah yang umum digunakan dipasaran. Produk-produk ini juga sudah disesuaikan dengan prinsip-prinsip islami yang harus dilakukan dalam islam. Beberapa contoh produk yang bisa digunakan pada umumnya adalah:

  1. Emas fisik, investasi syariah bisa dilakukan menggunakan emas fisik. Anda bisa menggunakan emas baik dalam bentuk koin atau batangan, Asalkan memiliki nilai karat setara dengan 24 karat atau 99,9% kemurnian.
  2. Reksa dana emas secara islami, berbeda dengan emas reksadana secara islami adalah salah satu produk investasi yang mengumpulkan dana memalui sejumlah investor yang menginvestasikan dananya dalam elemen berbentuk emas sesuai dengan prinsip syariah.
  3. Sertifikat emas secara islami, produk investasi syariah ini juga dikenal dengan istilah sukuk emas yang merupakan salah satu elemen keuangan. Fungsinya digunakan untuk mewakili kepemilikan emas yang diberikan dalam bentuk sertifikat.
  4. Tabungan emas syariah, meskipun tabungan ini adalah bagian dari program tabungan yang dilakukan secara berkala, tabungan emas syariah juga bisa dijadikan produk investasi secara islami. Apalagi dnegan prosesnya yang cenderung lebih bersyariah, jadi banyak orang yang memilihnya.

Meskipun secara umum produk investasi emas secara islam adalah seperti yang disebutkan diatas, ada beberapa produk emas syariah lainnya yang bisa digunakan sebagai investasi.

Tips Investasi Emas secara Syariah

investasi emas
Sumber: Freepik.com/freepik

Agar melakukan investasi emas secara islami Anda berjalan dengan lancar dan mengurangi kerugian yang terjadi, ada beberapa tips yang bisa Anda ikuti, seperti:

  1. Pahami dengan baik prinsip syariah
  2. Riset dan pilih produk yang sesuai
  3. Diversifikasi portofolio
  4. Pilih penyimpanan yang sesuai
  5. Periksa Biaya
  6. Gunakan penasehat keuangan
  7. Patuhi etika dan prinsip syariah

Investasi secara islami memang menjadi salah satu jenis investasi yang tengah digandrungi. Tidak hanya dikarenakan potensi keuntungan yang lebih besar, tapi juga proses dan hasilnya yang cenderung lebih halal ketimbang investasi konvensional lainnya.

Jika berbicara mengenai emas sebagai produk investasi ini, Anda tidak boleh salah dalam memilih toko emas. Pastikan juga bahwa prinsip syariah menjadi salah satu prinsip yang digunakan di dalam toko emas tersebut. AntarEmas by HF Gold adalah salah satu toko emas yang bisa untuk berbelanja emas dengan aman dan halal. Apalagi dengan konsep yang diusung yaitu yadan bi yadin membuat Anda merasakan jual beli dengan rasa aman, halal dan tiak takut rugi.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *