HF GOLD PELOPOR COD EMAS ANTAM SYAR'I

Apa Keutamaan Shalat Dhuha? Baca Ini Yuk!

Shalat Dhuha

Table of Contents

Antar Emas- Shalat Dhuha biasanya dilakukan ketika pagi hari yaitu ketika matahari terbit sampai dengan pukul 11.00 siang. Adapun untuk jumlah rakaatnya sendiri dapat kamu pilih  sesuai dengan kesanggupannya. Untuk jumlah rakaat yang dapat dipilih yaitu 2 rakaat, 4 rakaat, dan 12 rakaat. Maka, tidak heran apabila banyak muslim yang melakukan shalat sunnah ini sebelum melakukan aktivitas pagi harinya.

Keutamaan Shalat Dhuha

Shalat Dhuha

Seperti halnya ibadah lainnya, shalat sunnah ini memiliki beberapa keutamaan yang nantinya akan kamu dapatkan. Dimana informasi tersebut berdasarkan beberapa hadis yang ada. Untuk mengetahuinya lebih jauh, simak informasi dibawah ini dulu yuk!

1. Pengikut sunnah Rasulullah SAW

Orang-orang yang senantiasa menjaga sholat sunah dhuha merupakan salah satu orang yang menjadi pengikut sunnah Rasulullah SAW. Dimana hal tersebut sesuai dengan perkataan Nabi Muhammad kepada Abu Hurairah.  Hadist tersebut berbunyi:

“Kekasihku Rasulullah saw berwasiat kepadaku untuk melaksanakan tiga hal, yaitu puasa tiga hari setiap bulan, dua rakaat dhuha, shalat witir sebelum tidur. (HR. Bukhari).

2. Mendapatkan pengampunan

Dalam sebuah hadits dari HR Hakim, diungkapkan bahwa orang-orang yang mengerjakan dan menjaga shalat dhuha, akan Allah ampuni dosanya sebanyak apapun itu. Seperti yang tertuang dalam hadis berikut:

“Barang siapa menjaga sholat dhuha, maka Allah akan mengampuni segala dosanya walaupun sebanyak buih di lautan”. (HR. Hakim).

3. Keutamaan Shalat Dhuha: Kebutuhan akan dicukupi

Orang muslim yang mendirikan sholat sunah ini pada pagi hari, maka kebutuhannya akan Allah cukupi. Selain itu, jumlah rakaat yang dilakukan dapat 2 rakaat. Akan tetapi, sebaiknya kamu lakukan sebanyak 4 rakaat dan paling idealnya  yaitu 6 rakaat. Semenara paling utama di alkuakn delapan rakat.

“Wahai anak Adam, rukuklah untukku empat rakaat di permulaan hari (pagi), maka AKu akan mencukupimu di sisa harimu”. (HR. Ahmad).

4. Dianggap mengerjakan shalat Awwabin

Shalat sunah Awwabin ditafsirkan berbeda-beda oleh para ulama. Namun, umumnya dianggap sebagai shalatnya orang-orang taubat dan memiliki keutamaan setara dengan ibadah selama 12 tahun lamanya. Nah, orang-orang yang mengerjakan shalat sunah dhuha dianggap telah mengerjakan shalat Awwabin dan tergolong  orang-orang yang taat sesuai dengan hadis berikut ini!

“Kekasihku (Muhammad) mewasiatkan kepadaku tiga perkara yang aku tidak meninggalkannya: agar aku tidak tidur kecuali setelah melakukan sholat witir, agar aku tidak meninggalkan dua rakaat sholat dhuha karena ia adalah sholat awwabin serta agar aku berpuasa tiga hari setiap bulan.” (HR. Ibnu Khuzaimah).

5. Keutamaan Shalat Dhuha: Dibuatkan rumah di surga

Keutamaan lain dari shalat sunnah ini yaitu akan dibangunkan rumah di dalam surganya Allah SWT. Pernyataan tersebut, sesuai dengan ungkapan hadis berikut ini!

“Barangsiapa yang shalat dhuha sebanyak empat rakaat dan empat rakaat sebelumnya, maka ia akan dibangunkan sebuah rumah di surga.” (Shahih al Jami’ No. 634).

6. Tidak Termasuk ke dalam golongan orang yang lalai

Keutamaan Shalat Dhuha pun dapat menjadikan kamu masuk ke dalam golongan orang-orang yang tidak lalai terhadap nikmat Allah SWT.  Dimana hal itu, sesuai dengan hadis berikut ini!

“Rasulullah saw bersabda, orang yang mengerjakan shalat dhuha tidak termasuk orang lalai.” (HR. Baihaqi dan An-Nasa’i).

Keutamaan shalat Dhuha antara lain yaitu akan dibuatkan rumah di surganya Allah SWT, dianggap telah mengerjakan shalat Awwabin, dan mendapatkan ampunan SWT. Bahkan tidak masuk ke dalam golongan yang lalai, dicukupi kebutuhannya, dan menjadi pengikut Sunnah Rasulullah SAW.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *