HF GOLD PELOPOR COD EMAS ANTAM SYAR'I

Apa Saja Keutamaan Surat Waqiah? Simak Ini Yuk!

Keutamaan surat Waqiah

Table of Contents

Antar Emas Surat Waqiah merupakan salah satu surat yang ada dalam Al-qur’an yang memiliki arti  Hari Kiamat. Selain itu, surat ini pun terdiri dari 96 ayat di dalamnya sehingga tergolong kedalam surat  Makkiyah. Dalam ayat pertamanya, surat ini membahas mengenai bagaimana hari kiamat itu terjadi.

Sehingga dapat menjadi sebuah pengingat  bagi kita semua, bahwa kita hanyalah sementara tinggal di dunia ini. Tidak hanya itu saja, surat ini pun memberikan gambaran bagaimana Nasib orang-orang yang berbuat dosa, menolak kebenaran, maupun durhaka pada Allah SWT nantinya.

Keutamaan Surat Waqiah

Keutamaan surat Waqiah

Surat ini menjadi salah satu surat yang turun dikota Mekah dan masuk ke dalam kelompok surat panjang yang ada dalam Al-quran. Selain itu, terdapat beberapa keutamaan yang akan kamu dapatkan apabila rutin membaca surat ini. Untuk keutamaan tersebut adalah sebagai berikut!

1. Memperoleh Kekayaan Berlimpah

Keutamaan dari surat ini yaitu terhindar dari kemiskinan dan akan Allah SWT melimpahkan harta yang melimpah. Kamu juga dapat membaca surat ini sebanyak 14 kali setelah selesai menunaikan ibadah sholat Ashar. Selain itu, keutamaan dari surat ini pun  Rasulullah SAW pertegas dalam sebuah hadits,

Rasulullah SAW bersabda: “Ajarkanlah surah Al-Waqiah kepada istri-istrimu. Karena sesungguhnya ia adalah surah kekayaan.” (HR Ibnu Ady)

2. Menjadi Orang yang Dermawan

Tidak hanya dapat memperoleh kekayaan saja, tetapi mereka pun akan dituntut untuk menjadi seseorang yang pandai dalam mengucapkan rasa Syukur pada Allah SWT. Bukan termasuk orang-orang yang ingkar terhadap nikmat yang Allah SWT berikan kepadanya dan hal ini Allah SWT pertegas dalam salah satu ayat yang ada dalam surat Ibrahim.

Artinya: “Dan (ingatlah juga), tatkala Tuhanmu memaklumkan; “Sesungguhnya jika kamu bersyukur, pasti Kami akan menambah (nikmat) kepadamu, dan jika kamu mengingkari (nikmat-Ku), maka sesungguhnya azab-Ku sangat pedih.” (QS Ibrahim: 7)

Bacalah surat ini sebanyak 3 kali setelah selesai shalat subuh dan sesudah shalat isya sebanyak 3 kali juga. Lakukanlah kebiasan ini dengan rutin setiap harinya.

3. Dijauhkan dari Kekafiran

Keutamaan lainnya dari surat ini yaitu tidak akan tertimpa kekafiran dalam diri seorang hamba. Dimana haltersbut menjadi salah satu yang Allah SWT karena sudah menduakannya. Hal ini pun diperkuat oleh salah satu hadis dari Abdullah bin Mas’ud yang menyatakan bahwa Rasulullah SAW bersabda:

“Barangsiapa yang membaca surat Al-Waqi’ah, ia tidak akan tertimpa oleh kefakiran selamanya.” (Tafsir Nur Ats-Tsaqalayn 5/203).

4. Mendapatkan Syafaat pada Hari Kiamat

Sebagai seorang muslim, pasti menginginkan syafaat pada hari kiamat, bukan? Nah salah satu yang dapat kita lakukan yaitu dengan rajin membaca surat ini.

Imam Ja’far Ash-Shadiq (sa) berkata:

“Barangsiapa yang merindukan surga dan sifatnya, maka bacalah surat Al-Waqiah; dan barangsiapa yang ingin melihat sifat neraka, maka bacalah surat As-Sajdah.” (Tsawabul A’mal, hlm 117).

5. Keutamaan surat Waqiah: Jiwa dan raga menjadi tenang

Keutamaan lainnya yang akan kamu dapatkan yaitu jiwa dan raga akan menjadi lebih tenang. Sehingga dapat kamu coba baca setelah selesai shalat Isya, tidak hanya itu saja cobalah juga untuk memahami makna dari ayat-ayat tersebut.

Dalam hal ini, Imam Muhammad Al-Baqir (sa) berkata:

“Barangsiapa yang membaca surat Al-Waqiah sebelum tidur, ia akan berjumpa dengan Allah dalam keadaan wajahnya seperti bulan purnama.” (Tsawabul A’mal, halaman 117).

Keutamaan surat Waqiah yaitu mendapatkan syafaat ketika hari kiamat, jiwa dan raga menjadi lebih tentram, kelimpahan rezeki, dan lain sebagainya. Apabila kamu belum terbiasa dalam membaca surat ini, cobalah untuk membiasakan diri untuk membaca sehari sekali.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *