HF GOLD PELOPOR COD EMAS ANTAM SYAR'I

Apa Saja Manfaat Puasa Senin Kamis Bagi Kesehatan? Simak Ini!

Puasa Senin Kamis

Table of Contents

Antar Emas- Manfaat puasa senin kamis tidak hanya dapat meningkatkan kedekatan dengan Allah SWT, mendapatkan ampunan, maupun dapat menahan hawa nafsu. Akan tetapi, puasa ini pun sangat baik untuk menunjang kesehatan tubuh. Sehingga tidak jarang, orang yang rutin dalam berpuasa senin kamis memiliki tubuh yang terlihat bugar.

Manfaat Puasa Senin Kamis Untuk Kesehatan

Puasa Senin Kamis

Puasa ini termasuk ke dalam salah satu puasa sunnah yang sering orang muslim lakukan dan dilakukan tiap hari Senin dan Kamis. Ada beberapa manfaat yang dapat kamu rasakan saat melakukan puasa jeni ini secara rutin. Adapun antaranya adalah sebagai berikut!

1. Manfaat Puasa Senin Kamis: Menjaga Kesehatan Jantung

Puasa sunah ini ternyata memiliki dampak yang baik untuk kesehatan tubuh, salah satunya yaitu dapat menurunkan resiko terjadinya penyumbatan arteri. Dimana hal tersebut karena adanya timbunan lemak kolesterol pada dinding arteri atau disebut juga dengan aterosklerosis.

Lantas bagaimana puasa dapat membantu mengatasi hal tersebut? Pada saat seseorang sedang berpuasa maka lemak yang ada di dalam tubuh akan dijadikan sebagai energi. Dengan begitu, hormon adrenalin ataupun non adrenalin dapat berkurang.

Sehingga, metabolisme dalam tubuh dapat stabil dan tekanan darah menjadi berkurang. Dengan begitu, kadar kolesterol jahat maupun trigliserida dapat berkurang.  Bahkan beberapa penelitian menyebutkan, bahwa puasa memiliki dampak yang baik untuk kesehatan jantung.

2. Kadar Lemak Pada Tubuh Menurun

Apakah kamu sedang melakukan diet? Maka opsi untuk puasa menjadi salah satu pilihan terbaik. Hal ini karena puasa dapat membantumu untuk turunkan kadar lemak yang ada pada dalam tubuh. Pasalnya, saat lemak yang ada dalam tubuh berlebihan itu dapat menimbulkan berbagai macam masalah.

Seperti kesehatan jantung terganggu, kolesterol tinggi, sampai dengan memicu kegemukan yang mana nantinya dapat menyebabkan obesitas.  Namun, dengan melakukan puasa sunnah ini, maka lemak yang ada dalam tubuh akan dijadikan sebagai energi cadangan. Dengan begitu, kadar lemak yang dalam tubuh tidak akan berkurang maupun berlebihan.

3. Membantu Menjaga Kesehatan Pencernaan

Apakah kamu suka melakukan puasa tiap hari Senin dan Kamis? Jika iya, maka hal tersebut dapat membantu kesehatan pencernaan. Hal ini karena saat kamu berpuasa maka sistem pencernaan pun beristirahat karena tidak perlu mencerna makanan maupun minuman yang akmu konsumsi seperti biasanya. Kondisi seperti ini sangat penting untuk organ pencernaan.

Dengan begitu, sistem pencernaan nantinya dapat bekerja lebih maksimal. Bahkan dapat meminimalisir terjadinya berbagai macam penyakit. Seperti hal nya masalah pencernaan seperti pada lambung, sembelit, diare, maupun yang lainnya.

4. Gula Darah Terkontrol

Apabila gula darah yang ada dalam tubuh tidak terkontrol maka dapat menyebabkan berbagai macam resiko penyakit yang cukup bahaya. Yaitu mengalami tekanan gula darah tinggi yang tinggi, diabetes, dan lain sebagainya. Akan tetapi, jika puasa sunnah ini rutin dilakukan maka masalah tersebut dapat teratasi dengan baik.

Hal ini karena saat berpuasa, tubuh akan menghancurkan glukosa dengan tujuan untuk menjadikan energi cadangan. Dengan begitu, produk insulin yang ada dalam tubuh akan turun. Dengan begitu, tekanan darah pun akan minim untuk naik.

Tidak hanya itu saja, puasa pun ternyata dapat membuat proses resistensi insulin pun menjadi berkurang. Sehingga dapat memicu sensitivitas tubuh menjadi naik. Hal tersebutlah yang menjadikan perpindahan glukosa melalui aliran darah ke dalam sel-sel lebih efisien. Sehingga tidak heran, apabila membau gula darah yang ada dalam tubuh menjadi lebih mudah terkontrol.

5. Membantu keluarkan Racun dari Tubuh

Manfaat puasa Senin Kamis bagi kesehatan yaitu dapat membantu untuk mengeluarkan racun yang ada dalam tubuh. Tentunya, hal tersebut terjadi bukanlah tanpa alasan, melainkan karena saat seseorang berpuasa nantinya usus secara alami akan membersihkan diri. Namun, organ lambung dan hati dalam kondisi sedang istirahat.

Adapun racun yang dikeluarkan oleh tubuh saat sedang berpuasa yaitu yang sudah bercampur dengan lemak, darah, maupun bagian lainnya. Racun ini sendiri berasal dari minuman maupun makanan yang kamu konsumsi sehari-hari.   imana nantinya akan dikeluarkan melalui buang air besar, buang air kecil, bahkan keringat. Apabila racun secara berkala keluar, maka hal tersebut dapat membuat tubuh menjadi lebih bugar

Puasa Senin Kamis menjadi salah satu ibadah sunnah bagi seorang muslim. Selain itu, ada beberapa manfaat yang akan dirasakan dari hal tersebut sehingga memiliki dampak yang baik untuk kesehatan. Adapun diantaranya yaitu membantu menjaga kesehatan pencernaan, membantu keluarkan racun dari tubuh, gula darah terkontrol, dan lain sebagainya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *