HF GOLD PELOPOR COD EMAS ANTAM SYAR'I

Beli Emas COD Alternatif Pembelian Emas yang Halal & Praktis

Beli emas COD

Table of Contents

Beli emas COD memang tidak bisa dilakukan secara sembarangan. Meskipun Anda menyukai berbelanja emas. Dalam penjualan emas, jarang ada toko yang menerapkan sistem Cash on Delivery. Apalagi dengan toko yang dapat diakses secara online, kebanyakan dari toko-toko tersebut melakukan pembayaran secara online.

Lalu apakah proses pembelian emas dengan sistem pembayaran dikatakan tidak halal? Hal tersebut masih menjadi perdebatan karena pada dasarnya ada yang menggunakan sistem syariah dengan sistem pembayaran secara online dan ada yang melakukan pembayarannya secara langsung ketika barang datang.

Beli emas COD

Pembelian Emas dengan Metode COD, tergolong lebih digemari oleh banyak kalangan karena Anda bisa menyelaraskan harga dengan barang yang Anda beli, sekaligus mengecek apakah barang sudah sesuai dengan kebutuhan. Sehingga potensi return tetap bisa dilakukan sewaktu-waktu jika ditemukan ketidaksesuaian produk kepada penjual.

Kesesuaian Metode COD dengan Prinsip Syariah

Lalu apakah dalam sistem transaksi emas secara syariah sudah termasuk dalam metode COD yang digunakan? Apalagi metode COD di beberapa toko bisa saja berbeda tergantung dari konsep yang digunakan. Ada beberapa hal yang mendasari metode COD termasuk dalam praktis prinsip syariah dalam transaksi emas, diantaranya adalah:

Penyerahan Emas

Beli emas COD

Banyak dari toko emas yang menggunakan sistem online shop memberikan barang setelah pembayaran dilakukan. Jika sistem syariah digunakan di online shop, maka penyerahan emas tentu akan dilakukan beriringan dengan penyerahan uang tunai.

Pembayaran Secara Tunai

Beli emas COD

Seperti yang sudah dikatakan sebelumnya bahwa prinsip syariah akan melakukan penyerahan barang setelah pembayaran uang tunai, maka proses pembayarannya pun dilakukan secara langsung dengan bentuk tunai. Atau dalam konsep islami, hal ini dinamakan yadan bi yadin atau dari tangan ke tangan. Konsep ini lah yang mendasari diadakannya pembayaran unang secara tunai dan langsung diserahkan dimuka.

Inspeksi Barang

Jika toko menggunakan sistem COD sesuai dengan sistem syariah, maka Anda bisa melakukan inspeksi barang. Inspeksi barang yang dimaksudkan adalah Anda bisa melakukan pengecekan barang secara langsung dan bisa melakukan refund barang melalui kurir toko setelah menghubungi penjual.

Hal ini tidak akan merugikan kurir, karena biasanya kurir yang bertugas bukanlah kurir dari agen-agen tertentu melainkan kurir bawaan dari toko. Sehingga Anda bisa menukarkan barang jika dirasa kurang pas, sebelum melakukan pembayaran.

Kepastian Harga yang Diberikan

Didalam sistem syariah tentu Anda sudah tahu dengan pasti bahwa kejelasan dan transparansi adalah kuncinya. Oleh karena itu, biasnaya harga yang diberikan sudah pasti dan tidak berubah-ubah selama masa pembayaran. Oleh karena itu sebelum Anda melakukan pembayaran, ada baiknya Anda menegosiasikan mengenai kepastian harganya agar tidak terjadi gharar dalam proses pembayaran.

Meskipun metode COD ini dianggap sudah sesuai dengan prinsip syariah, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan terutama dalam proses transaksinya. Tidak hanya itu, Anda juga perlu mengikuti panduan-panduan khusus otoriras syariah lokal dan berkonsultasi dengan ahli gar memastikan bahwa toko tersebut sudah termasuk dalam sistem syariah.

Tips Beli Emas COD

Beli emas CO

Ada beberapa tips yang bisa Anda lakukan atau terapkan jika melakukan beli emas COD. Beberapa haltersebut diantaranya adalah:

  • Pilih penjual syariah, mendapatkan toko emas yang dikunjungi secara online memang tidak sulit. Namun, jika Anda mencari toko emas online dengan sistem syariah, Anda bisa memastikannya melalui sistem pembayaran yang digunakan.
  • Periksa sumber barang, emas yang diperdagangkan memiliki sumber yang beraneka ragam. Pastikan Anda mengecek terlebih dahulusumber emas dari toko yang akan Anda pilih.
  • Transparansi harga, Pastikan Anda mengetahui total harga yang diberikan dengan transparan dan jelas. Anda hanya perlu menanyakan perihal harga ke penjual dengan bernegosiasi terlebih dahulu.
  • Periksa keaslian, keunggulan jika Anda memilih toko emas online yang menggunakan prinsip syariah. Hal ini dikarenakan jika Anda memilih toko tersebut, saat barang datang, Anda bisa melihat dan memastikan apakah barang sudah sesuai dengan katalog sebelum pembayaran.
  • Periksa Bunga, Tidak jarang ada beberapa toko emas online yang masih menggunakan sistem bunga meskipun dari beberapa sistem yang digunakan sudah termasuk dalam prinsip syariah. Oleh karena itu, Anda perlu memeriksa secara menyeluruh melalui website yang disediakan.

Beli emas COD memang sah dimata agama asalkan beberapa poin yang perlu digarisbawahi adalah pembayaran dan penyerahan barang yang harus dilakukan secara langsung. Memang tidak mudah menemukan toko yang memberikan sistem beli emas COD.

Namun, Anda tidak perlu khawatir karena saat ini sudah ada toko emas yang menyediakan penjualan emas secara syariah yaitu AntarEmas by HF Gold. Toko ini menyediakan berbagai jenis emas berkualitas dengan sistem pembayaran yang dilakukan secara langsung setelah barang deal dibeli.

Pembayaran dan penyerahan barang dilakukan secara langsung dengan konsep Yadan bi yadin atau dari tangan ke tangan, untuk mendapatkan emas secara halal, mulai dari barang hingga proses yang dilakukan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *