HF GOLD PELOPOR COD EMAS ANTAM SYAR'I

Inilah Keutamaan Sedekah, Wajib Diketahui!

Keutamaan sedekah

Table of Contents

Antar Emas- Keutamaan sedekah menjadikan amalan ini disayangkan apabila kamu lewatkan begitu saja. Selain itu, sedekah dapat diartikan sebagai memberikan harta maupun makanan kepada orang-orang yang membutuhkan. Sehingga dapat kamu berikan kepada siapa saja, tetapi sebaiknya dilakukan kepada orang-orang terdekat yang membutuhkan terlebih dahulu.

Keutamaan Sedekah

Keutamaan sedekah

Ada beberapa keutamaan sedekah yang nantinya akan kamu dapatkan dalam melakukan amalan ini. Namun, sayangnya beberapa orang menganggap hal ini akan menghabiskan harta mereka sehingga enggan untuk melakukannya. Nah, apa saja keutamaan dari amalan satu ini? Simak informasi dibawah ini!

1. Mendapatkan balasan yang berlipat ganda

Bagi siapa saja yang melakukan sedekah karena Allah SWT, maka nantinya akan mendapatkan balasan yang berlipat ganda. Baik itu harta maupun pahala bagi orang yang melakukannya. Hal tersebut sesuai dengan ayat yang tercantum dalam Al-qur’an berikut ini!

“Sesungguhnya orang-orang yang bersedekah baik laki-laki  maupun perempuan dan meminjamkan kepada Allah dengan pinjaman yang baik, niscaya akan dilipatgandakan (pahala) kepada mereka dan bagi mereka pahala yang banyak.” (QS. Al-Hadid: 18).

Keutamaan dari amalan ini pun diperkuat oleh ayat lain dalam surat Al-Baqarah yang menyebutkan bahwa harta yang telah disediakan akan bertambah dan Allah SWT telah berjanji atas hal tersebut.

“Perumpamaan orang yang menginfakkan hartanya dijalan Allah seperti sebutir biji yang menumbuhkan tujuh tangkai. Pada setiap tangkai ada satu biji. Allah melipatgandakan bagi siapa yang Dia kehendaki, dan Allah Maha Luas, Maha Mengetahui.”(QS. Al Baqarah: 261).

2. Mencegah kematian yang buruk

Sedekah yang dilakukan oleh seorang muslim dengan ikhlas, maka akan mendapatkan balasan istimewa. Dimana hal tersebut yaitu wafatnya akan dijauhkan dari kematian yang buruk. Selain itu, kebaikan dari orang yang bersedekah akan dikenang melebihi umur dia hidup di dunia ini. hal tersebut, sesuai dengan hadis berikut ini:

“Sesungguhnya sedekahnya orang muslim itu dapat menambah umurnya, dapat mencegah kematian yang buruk, Allah akan menghilangkan darinya sifat sombong, kefakiran dan sifat bangga pada diri sendiri.”(HR. Thabrani).

3. Pahala tidak terputus

Orang-orang yang senantiasa melakukan sedekah, maka amalan jariyah nya tidak akan terputus. Meskipun orang tersebut telah wafat atau meninggal dunia dan amalan ini biasanya dikenal sebagai shodaqoh jariyah. Dalam sebuah hadis yang Abu Hurairah ra meriwayatkan:

“Apabila anak cucu Adam itu mati, maka terputuslah semua amalnya kecuali tiga perkara: Shodaqoh jariyah, anak sholeh yang memohon ampunan untuknya (ibu dan bapaknya) dan ilmu yang bermanfaat setelahnya.”

4. Mendapatkan naungan pada hari Kiamat

Keutaman sedekah lainnya yaitu mendapatkan naungan dari Allah SWT pada hari kiamat, dimana pada saat itu manusia dibangkitkan dan berkumpul di sebuah tempat bernama Padang Mahsyar. Bahkan pada masa tersebut, banyak yang menyebutkan bahwa jarak matahari sangatlah dekat yaitu berada di atas kepala setiap orang.

Tentu hal ini akan terasa sangat panas, bukan?  Namun, orang-orang yang senantiasa bersedekah akan mendapatkan perlindungan dari panasnya sinar matahari tersebut.

“Setiap orang berada di bawah naungan sedekahnya (pada hari kiamat) hingga diputuskan di antara manusia atau ia berkata: “Ditetapkan hukuman di antara manusia.” Yazid berkata: “Abul Khair tidak pernah melewati satu hari pun melainkan ia bersedekah kepadanya dengan sesuatu, walaupun hanya sepotong kue atau bawang merah atau seperti ini.” (HR. Al-Baihaqi, Al-Hakim dan Ibnu Khuzaimah).

Selain itu, ada pula hadis lain yang mendukung hadis tersebut yaitu sebagai berikut:

“Naungan orang beriman di hari Kiamat adalah sedekahnya.”(HR Ahmad).

5. Penghapus dosa

Amalan satu ini pun dapat menjadi salah satu penghapus dosa yang dilakukan oleh orang yang melakukan sedekah. Bahkan diibaratkan seperti halnya air dalam memadamkan api. Sehingga, jangan pernah ragu untuk melakukan sedekah dengan ikhlas karena hal tersebut dalam menjadi amalan yang dapat menghapuskan dosa. Hal ini pun sesuai dengan hadis yang diriwayatkan oleh At. Tirmidzi.

Rasulullah Saw bersabda, “Sedekah itu dapat menghapus dosa sebagaimana air itu memadamkan api.” (HR. At-Tirmidzi).

6. Menjauhkan diri dari panasnya api neraka

Seperti halnya yang telah disebutkan bahwa sedekah dapat menghapuskan dosa-dosa, maka hal ini pun secara tidak langsung dapat menghindarkan orang-orang yang bersedekah dari panasnya api neraka. Ditambah, pahala yang akan didapatkan itu berlipat ganda.

“Jauhkan dirimu dari api neraka walaupun hanya dengan (sedekah) sebutir kurma.”(Muttafaqun ‘alaih).

Keutamaan sedekah yaitu dapat menghindarkan orang yang bersedekah dari api neraka, mencegah kematian yang buruk, mendapatkan naungan saat hari kiamat, dan sebagainya. Dengan banyaknya keutamaan yang didapatkan saat melakukan amalan ini, maka perbanyaklah melakukan sedekah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *