HF GOLD PELOPOR COD EMAS ANTAM SYAR'I

5 Perbedaan Emas ANTAM dan UBS: Mana yang Lebih Baik?

perbedaan emas antam dan ubs

Table of Contents

Perbedaan emas antam dan UBS memang memiliki perbedaan yang signifikan. Meskipun begitu, tak jarang banyak orang yang sulit untuk membedakan keduanya.

Emas antam adalah sebuah produk logam mulia yang diproduksi oleh PT Aneka Tambang Tbk yang juga menyajikan emas batangan murni dengan ukuran yang beraneka ragam. Produk dari perusahaan ini memiliki ukuran yang beraneka ragam, bahkan mampu dicetak dalam bentuk kartu emas yang mampu menarik investor.

Sedangkan Emas UBS adalah salahs atu emas yang diproduksi oleh PT Untung Bersama Sejahtera yang menawarkan desain lucu pada emas batangan mereka.

Apa Itu Emas Antam?

Antam sendiri adalah salah satu perusahaan penghasil emas yang paling populer di Indonesia. Perusahaan ini sudah berdiri sejak tahun 2005 dan sudah memproduksi produk emas batangan dengan beberapa ukuran mulai dari LM 1 gram hingga LM 100 gram. Apalagi emas antam ini sudah diakui oleh London Bullion Market Association sebagai produk yang terpercaya dan kadar emasnya mencapai 99.99 persen.

Apa Itu Emas UBS?

Sedangkan emas UBS merupakan produksi emas dari PT Untung Bersama Sejahtera yang berdiri di Surabaya dan sudah bertahan dari 40 tahun yang lalu hingga saat ini. Bisa dikatakan sejak pertama perusahaan emas ini berdiri, ia mampu bersaing dengan produk emas lainnya termasuk emas antam.

Perbedaan emas antam dan UBS
Sumber: Freepik.com/Rawpixel.com

Emas UBS selalu melakukan pembaharuan terhadap produk mereka dan memberikan sistem garansi apabila saat pembelian terjadi ketidaksesuaian dengan pembelian emas UBS. Berbeda dengan emas antam, emas UBS tersedia dalam ukuran o,5 gram hingga 100 gram. Sedangkan untuk produk terbesar dari emas UBS adalah 1000 kg atau setara denbgan 1 kg.

Untuk sertifikasi dari emas ini sendiri memiliki 2 jenis, dimana untuk jenis pertama adalah sertifikat emas dengan kerta untuk berat minimal 4 gram dan sertifikat emas dengan hologram untuk berat minimal 5 gram.

Perbedaan Emas Antam dan UBS

Perbedaan emas antam dan UBS menjadi hal penting yang patut Anda ketahui. Pasalnya dari segi bentuk, keduanya terlihat sama dan akan merepotkan Anda jika tidak mengetahui perbedaan tersebut. Apalagi jika Anda ingin melakukan investasi untuk keduanya. Oleh karena itu, simak beberapa perbedaan keduanya berikut ini.

Perbedaan Ukuran

Perbedaan emas antam dan UBS
Sumber: Pexels.com/Michael_Steinberg

perbedaan emas antam dan UBS yang pertama terletak pada ukuran. Dimana emas antam dan emas UBS memiliki variasi ukuran yang disesuaikan dengan kebutuhan pasar mereka. Untuk emas antam sendiri memproduksi emas dengan berat paling kecil 0.5 gram, 1 gram, 2 gram, 2.5 gram, 3 gram, 4 gram, 5 gram, 10 gram, 25 gram, 50 gram hingga 100 gram saja.

Sedangkan untuk emas UBS menawarkan emas dengan berat 0.5 gram, 1 gram, 2 gram, 3 gram, 4 gram, 5 gram, 10 gram, 25 gram, 50 gram, 100 gram, hingga 1000 gram.

Dimensi Emas

Perbedaan emas antam dan UBS
Sumber: Pexels.com/Michael_Steinberg

Jika berbicara mengenai kadar kemurnian, tentu saja keduanya memiliki tingkat kemurnian emas hingga 99.99 persen. Akan tetapi, dimensi keduanya jelas berbeda dimana emas antam cenderung memiliki dimensi yang lebih kecil dan emas UBS memiliki dimensi yang lebih besar dan lebih lebar.

Perbedaan Emas Antam dan UBS pada Harga Emas

Dari segi harga, tentu akan berbeda tergantung dari jumlah emas yang dibeli. Untuk emas antam dikenal memiliki harga yang jauh lebih mahal.

Sedangkan emas UBS memiliki range harga yang lebih rendah dari emas antam. Namun, meskipun begitu perbedaannya tidaklah terlalu jauh. Perbedaan lain yang terlihat mencolok selain harga adalah desain emasnya sendiri.

Waktu Pemesanan

Perbedaan emas antam dan UBS
Sumber: Pexels.com/Zlaťáky.cz

Perbedaan emas antam dan UBS selanjutnya terletak pada waktu pemesanan. Apabila Anda membeli emas antam, Anda setidaknya harus memesan jauh-jauh hari. Setidaknya, pesan dalam kurun waktu kurang dari 1 bulan. Hal ini dikarenakan emas antam memiliki kurun waktu pembuatan hingga 1 bulan lamanya. Sedangkan untuk emas UBS memiliki masa pembuatan yang lebih cepat. Jadi, Anda tidak perlu menunggu hingga terlalu lama.

Custom Produk

Emas antam biasanya diproduksi dalam bentuk emas batangan, emas koin hingga chip emas yang biasanya dijual dengan berat 20 gram saja.  Kebanyakan produk emas Antam tidak bisa dilakukan custom produk atau bentuk. Berbeda dengan emas antam, emas UBS cenderung memiliki kebebasan dalam produk yang dipesan. Dimana emas UBS juga menerima pembentukan emas dengan karakter yang lucu seperti hello kitty dan banyak lainnya.

Perbedaan emas antam dan UBS memang perlu diperhatikan secara rinci agar tidak terjadi kesalahan dalam pembelian produknya. Karena dari segi sertifikasi dan kualitas produknya juga berbeda. Berbicara mengenai emas antam tentu Anda tidak ingin salah membeli. Oleh karena itu, memilih toko yangg terpercaya sangat penting untuk Anda pertimbangkan.

AntarEmas by HF Gold menjadi salah satu toko emas dengan sistem syariah yang bisa Anda pilih sebagai toko emas yang terpercaya. Meskipun menggunakan sistem online dalam pembeliannya, Anda bisa tetap akan melakukan pembayaran secara langsung. Sehingga sistem yadan bi yadin (dari tangan ke tangan) tetap terlaksana dengan baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *